管理我的频道

陪我讲 (印尼语字幕):就当重新手拖手去上学堂 / (Bahasa Indonesia) Kembali ke Sekolah

Episode 7 “Kembali ke Sekolah"

Pemandu Acara: Vivian KONG

Di lantai aula sekolah dasar terdapat sebuah gambar yang dibagi menjadi empat bagian: dua yang di atas, satu adalah wajah bahagia juga bersemangat dan satu lagi adalah wajah marah; dua yang di bawah, satu adalah wajah tertekan dan muram, lalu satu lagi adalah wajah yang tenang dan tenteram.

“Anak-anak, apa yang kalian rasakan saat ini?”

Vivian KONG dan sekelompok siswa tahun kedua sekolah dasar, masing-masing berlari ke area yang berbeda. Beberapa siswa melompat-lompat di salah satu area dengan bersemangat, lalu instruktur mengambil kesempatan itu dan bertanya, “Apa yang membuat kalian begitu bersemangat hari ini?” Semuanya berteriak, “Liburan musim panas segera tiba!” Instruktur bertanya, “Bagaimana denganmu, Vivian?” “Aku masih harus berlatih anggar setiap hari.” Anak-anak itu langsung memeluk sang juara dunia anggar putri itu dan berteriak, “Bertahanlah!” Vivian, yang mudah menangis, langsung meneteskan air matanya.

Dia adalah Rita CHING, sang instruktur, yang membawa pelajaran sosial-emosional ke sekolah dasar ini. Melalui pendekatan permainan dan aktivitas, dia bertujuan agar siswa sekolah dasar mengenali, mengekspresikan, dan menempatkan emosi mereka, serta belajar berkomunikasi juga bergaul dengan orang lain. Sama seperti “Botol Senyap” yang dibuat oleh para siswa, orang-orang secara bertahap akan merasa tenang ketika menyaksikan gliter tujuh warna di sana perlahan-lahan tenggelam. Vivian mengakui bahwa dirinya sedang mencari cara untuk menyesuaikan diri dengan emosinya.

Vivian adalah siswa berprestasi yang berperilaku baik sejak dia masih kecil, tetapi dia takut tidak dapat memberikan yang terbaik. Dia memberi banyak tekanan pada dirinya sendiri sampai dia belajar anggar, yang mengurangi dan memecahkan tekanan akademis. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, setelah menjadi atlet penuh waktu, dia menghadapi ekspektasi semua orang, juga mengalami masalah cedera, tekanan, dan emosi. Vivian memberi tahu Rita bahwa dirinya tidak tahu cara mengungkapkan perasaannya, jadi dia hanya bisa menyimpannya di dalam hatinya. Rita juga menceritakan bahwa dia bekerja keras demi kariernya dan tenggat waktu terkadang membuatnya lelah serta mudah membuat dirinya menyerah.

"Jika ingin mendengarkan emosimu, kau harus mulai dari diri sendiri dan mengenal dirimu sendiri. Ini adalah pekerjaan rumah seumur hidup setiap orang: cintailah dirimu sendiri dan perlakukan dirimu dengan baik.”

Mereka terus berbincang dan Vivian meneteskan air mata lagi. Rita meletakkan tangannya di bahu Vivian dan kedua wanita tangguh itu menunjukkan dukungan mereka satu sama lain.

Informasi Siaran:

13-12-2021, Senin, 0630-0700

第七集【就当重新手拖手去上学堂】

主持:江旻憓

小学礼堂的地板上,贴了一大幅分为四格的图画:上方两格,一格是开心、兴奋的脸,一格是愤怒的脸;下方两格,一格低迷、沉郁,一格冷静平和。

“各位同学,这一刻,你们的心情如何呀?”

江旻憓Vivian与一班小学二年级同学,各自跑到不同的格上。几位同学在兴奋的一格上跳来跳去,导师乘机追问:“咦,今日有什么事令你们那么兴奋呢?”大家异口同声地大叫:“快放暑假了!”导师问:“Vivian呢?”“我还是要每天练剑喔。”小朋友立即簇拥着这位世界女子剑击冠军,大叫“加油呀!”易哭的Vivian眼睛顿时红了起来。

把社交情绪课程带入这所小学的,是导师程沛玉Rita。她透过游戏、活动教学,让小学生认识情绪、表达情绪、安置情绪,学习与人沟通和相处。就如同学们亲手制作“安静瓶”,看着七色闪粉缓缓沉下,人也渐渐放松。Vivian坦言,自己在寻找与自己情绪相处的方法。

Vivian自少品学兼优,却害怕不能把事情做到最好,给自己很大压力,直至学习剑击,便减轻和分散了读书的压力。然而,前几年,她开始投身全职运动员的行列,面对众人的期望,面对缠绕不断的伤患、压力和情绪。Vivian跟Rita说,自己总是不懂如何把感受表达出来,只能闷在心中。Rita也分享道,自己为事业打拼,期限有时会令她透不过气,很容易把自己逼坏。

播映日期:13-12-2021,星期一,0630-0700
原文连结明镜声明DMCA 政策

相关新闻

猜你喜欢

六度新闻